Tuesday , 30 November 2021
Breaking News
Home » Headline » Inilah 5 Ciri Khas Makanan Minahasa
masakan manado

Inilah 5 Ciri Khas Makanan Minahasa

Manado, kawanuaplus.com – Terkenal lezat!!! Apakah cuma begitu untuk menjelaskan masakan khas Manado? Racikan bumbu penuh rempah dan cabai menghasilkan paduan citarasa pedas, segar, dan hangat. Redaksi kawanuaplus.com merangkum sejumlah ciri khas masakan dan minuman khas Manado.

1.Pedas. Rasa pedas sangat identik dengan masakan Manado. Tak hanya masakan ayam rica-rica, sampai makan pisang gorengpun masih dicocol dengan sambal.

Dalam bahasa Manado, rica itu sendiri berarti pedas, jadi ayam rica-rica adalah ayam yang berbumbu pedas. Selain ayam, seafood juga sering diberi bumbu rica-rica, misalnya saja udang goring rica-rica.

Ciri khas makanan Manado ini memang rata-rata menggunakan bumbu yang sangat sederhana.Bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah, dan juga jahe. Ditambahkan dengan daun serai, daun jeruk, dan tomat segar.

Supaya daging ayamnya terasa asam segar, biasanya dilumuri dengan air jeruk nipis. Bumbu dan daging ayamnya itu dimasak menjadi satu hingga empuknya meresap. Ayam rica beraroma asam pedas ini memang paling asik ketika disantap bersama dengan nasi hangat dan es teh manis.

2. Segar. Sambal dabu-dabu termasuk masakan yang bahannya tidak dimasak, baik digoreng, dikukus, ataupun dibakar. Sambal asli Manado ini tidak diulek melainkan diiris. Semua bumbu diiris tipis lalu disiram dengan air jeruk nipis dan sedikit minyak goreng.

Sambal ini hampir selalu ada disetiap rumah makan di Manado. Rasanya nikmat, terlebih jika dimakan bersama ikan dan nasi hangat.

3. Gurih. Citarasa gurih dihasilkan dari santan kental. Salah satu masakan khas Manado yang cukup terkenal ekstrim adalah Paniki yang disajikan dengan kuah berbahan santan kental.

Paniki adalah kelelawar besar yang banyak ditemukan di Manado. Makanan khas Manado ini tergolong jenis kuliner ekstrim. Masakan ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kental yang diberi aneka rempah termasuk jahe khas Manado.

Nasi Kuning Saroja termasuk kuliner khas yang bercitarasa gurih. Sesuai dengan namanya, warna nasi memang kuning dan rasanya gurih. Di atas nasi terdapat aneka lauk seperti abon ikan cakalang, keripik ubi yang dibuat mirip kentang, semur daging, dan sambal goreng

4. Manis. Rasa manis bisa dijumpai pada minuman khas Manado. Dua minuman segar khas Manado adalah Es Manado dan Es Tji Mei (Es Kacang Merah).

Es Manado terbuat dari buah sirsak yang dicampur dengan alpukat, mutiara, jelly, dan sari kelapa. Campuran ini menjadikan minuman yang terasa segar dengan kombinasi rasa asam, manis, dan dingin. Tambahan susu kental manis, gula, serta es serut membuat minuman kuliner Manado ini semakin nikmat.

Es Tji Mei atau es kacang merah, merupakan minuman khas Manado. Padanan kacang merah, gula, dan susu membuat minuman ini sarat akan gizi. Untuk menambah cita rasa, biasanya kayu manis digunakan saat proses pembuatannya.

5. Penuh gizi. Mari kita mengambil salah satu masakan khas Manado yang penuh gizi: bubur Tinutuan. Bubur Tinutuan terbuat dari labu kuning, ubi kuning, singkong, daun melinjo, kangkung, jagung, bayam, kemangi, gedi (sayuran khas Manado), dan lainnya. Makanan kuliner ini sangat bergizi. Adapun bumbu-bumbu yang dicampurkan di dalamnya adalah bawang putih, batang serai yang dimemarkan, daun salam, jahe, garam, dan lainnya.

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *