Tuesday , 30 November 2021
Breaking News
Home » Headline » Batik Minahasa Membina Bibit Muda
wale batik minahasa

Batik Minahasa Membina Bibit Muda

Manado, kawanuaplus.com – Wale Batik Minahasa, satu-satunya rumah produksi kain batik khas Minahasa di Sulawesi Utara melatih anak-anak dari SD GMIM Naviri Malalayang, Manado, Sulawesi Utara untuk membatik. Sebanyak 50 siswa SD mengikuti pelatihan ini.

Veldy Umbas, pemilik Wale Batik Minahasa mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan budaya batik sejak usia dini. Selain itu memberikan wawasan terhadap batik yang sekaligus melatih kemampuan motorik serta ketrampilan kerajinan tangan.

“Kegiatan ini akan mampu menanamkan kecintaan terhadap budaya Minahasa melalui gambar-gambar yang dicanting pada kain, seperti burung Manguni, daun-daun dan tanaman seperti cengkih, kelapa dan daun gedi ini merupakan simbol-simbol ragam hias Minahasa yang sangat penting untuk kita lestarikan,” ujarnya.

Veldy menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukan agar terjadi regenerasi tradisi membatik sebagai kekayaan bangsa dari tanah adat Minahasa. Sehingga nilai-nilai simbolik yang selama ini dikenal memiliki makna filosofi yang sangat dalam akan dapat dilestarikan hingga turun temurun.

Sebagaimana telah diketahui bersama, organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (bahasa Inggris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, disingkat UNESCO) menetapkan batik adalah warisan budaya tak benda asal Indonesia yang disahkan pada tanggal 2 Oktober tahun 2009. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Meski bukan hari libur, tapi tanggal ini ditetapkan guna memperingati batik merupakan kekayaan bangsa Indonesia. ji

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *