Friday , 24 September 2021
Breaking News
Home » Profil » Apa Siapa Orang Kawanua » Gaby JKT48; Sibuk Konser, Tekun Bersekolah
Gabriela_Margareth_Warouw_senbatsu

Gaby JKT48; Sibuk Konser, Tekun Bersekolah

Kita bisa mengenal sejumput pribadinya bila menyimak twit yang tiap hari diketik melalui akun twitter-nya: @gabyJKT48. Dijamin bertaburan foto-foto cantik Gaby dalam kesibukannya sebagai anggota idol group JKT48. Di twitterland itu, Gaby memiliki follower sebanyak 239.000.

Menjelang perayaan Natal 2014, gadis yang memiliki nama lengkap Gabriela Margareth Warouw ini menyapa followernya mengenai persiapan natal mereka.

“Tentu saja twit saya itu bagi yang merayakan natal,” uJar Gaby yang menyadari betul bahwa penggemarnya memiliki latar belakang agama beragam.

Di JKT48, Gaby mulai bergabung sejak 2011. Dia mengawalinya dengan konser live pradebut untuk program musik 100% Ampuh Global TV, Bekasi Square, 17 Desember 2011.

Kemudian dia terlibat dalam perilisan video musik “Heavy Rotation”, fx Center, Jakarta. Setahun berikutnya, bersama rekan JKT48 lainnya, Gaby berkonser live debut untuk program musik Inbox SCTV, 26 Januari 2012. Pada 28 Januari 2012, JKT48 tampil di I-Pop SCTV.

“Kami juga pernah menggelar penampilan bersama AKB48 di Dahsyat RCTI, 25 Februari 2012,” imbuh Gaby.

Setelah itu, tak hanya tampil di 100% Ampuh Global TV, Gaby dan rekan-rekannya berkeliling seantero Indonesia memenuhi undangan dari penggemarnya. Mulai Jakarta sampai Madiun (Jawa Timur).

Tapi meski sibuk, Gaby tetap menjaga prestasi sekolahnya. “Belajar tetap nomor satu. Selasai sekolah langsung latihan di JKT48. Kalau pas jadwal di teater, ya lanjut ke teater,” jelas Gaby. Sebagai tambahan info, JKT48 saat ini memiliki jadwal tampil di teater khusus di FX Sudirman, Jakarta.

Gaby mengungkapkan, ketekunannya pada pendidikan tak lepas dari Golden Rules di 48 Family. “Bila melanggarnya, kami tak bisa lulus menjadi JKT48. Bahkan diluluskan secara tidak hormat,” jelasnya.

Apa saja Golden Rules dari 48 family?
1. Dilarang merokok dan minum-minum
2. Dilarang berpacaran
3. Dilarang ke diskotik
4. Jika bepergian harus didampingi pengawal/wali
5. Tidak boleh membubuhkan tanda tangan di sembarang tempat (kecuali di merchandise resmi 48 family)
6. Pendidikan tetap yang utama
7. Dilarang memakai pakaian yang mencolok dan make up tebal

Gaby menambahkan, momen yang cukup berkesan baginya yaitu saat tampil di Jepang. Saat itu, JKT48 terlibat dalam konser bersama AKB48.

Debut gadis kelahiran Jakarta, 11 April 1998 ini bersama JKT48 dan AKB48 di Jepang berlangsung pada 20 Desember 2011 di Tokyo Dome City Hall. Selang beberapa minggu kemudian tampil di tempat yang sama tepatnya pada 19 Januari-22 Januari 2012. Pada 23 Maret – 25 Maret 2012, JKT48 kembali tampil di Saitama Super Arena, Jepang.

Berbeda dengan girl band, JKT48 (baca : jekeiti fourty eight) adalah sebuah grup idola (idol group) yang dibentuk oleh Produser sekaligus pencipta lagu yang sudah sangat terkenal di Jepang, Akimoto Yasushi.

Akimoto adalah produser dari 48 family yang beranggotakan grup idola AKB48 (Akihabara, Tokyo), NMB48 (Namba, Osaka), SKE48 (Sakae, Nagoya), HKT48 (Hakata, Fukuoka), dan sister group pertama di luar Jepang yaitu JKT48 (Jakarta, Indonesia).

Dari informasi yang dirangkum kawanuaplus.com, konsep Idol Group jelas berbeda dengan Boyband/Girlband pada umumnya, yang dilatih hanya untuk menyanyi dan menari, merilis album, dan menghibur lewat tarian dan nyanyian. Menjadi bintang iklan dan akting di sebuah film/sinetron bagi mereka hanyalah aji mumpung setelah mereka terkenal, berbeda dengan anggota idol group yang memang dibentuk untuk menjadi seorang multi talenta.

Perbedaan mendasar lainnya adalah sistem tim. Idol Group memiliki sistem tim, untuk 48 family tiap grup dibagi menjadi 3 tim dengan nama sesuai dengan tiga huruf yang membentuk nama grup mereka, misalnya SKE48 dibagi menjadi tim S, tim K, dan tim E. Pengecualian untuk AKB48, selain tim A, K, dan B, AKB48 juga punya tim 4, karena anggota idol group ini sangat banyak. Member yang belum bisa masuk tim akan dimasukkan ke dalam tim kenkyusei (pelatihan).

Tiap tim mempunyai center (seorang member yang tampil di depan saat perform) dan kapten, juga kapten pusat yang memimpin keseluruhan dari 3 tim tersebut. Saat ini, JKT48 baru sampai pada generasi pertama, jumlah anggotanya juga masih sedikit, jadi status semua member JKT48 saat ini masih kenkyusei. Jika nanti sudah ada audisi generasi kedua dan jumlah anggota semakin banyak, JKT48 juga akan dibagi menjadi 3 tim, yaitu tim J, K, dan T.

Karena anggota grup idola 48 family sangat banyak, maka di 48 family dikenal istilah senbatsu election, yaitu pemilihan member yang berhak untuk sering tampil di publik, baik itu video klip, performance, dan sebagainya. Pemilihan tersebut dilakukan oleh fans, dengan syarat membeli CD singel/album orisinal.

Pada tahun 2012, 48 family sudah membentuk overseas sister group lainnya, yaitu TPE48 (Taipei, Taiwan) dan SNH48 (Shanghai, Cina). Seluruh anggota 48 family berbasis idol group.

Idol group merupakan konsep seperti sebuah Akademi Keartisan. Setiap anggota yang berhasil lolos audisi yang ketat akan dididik untuk menjadi seorang idola yang multi talenta. Tak hanya menyanyi dan menari, namun juga akting, public speaking, membawakan acara, dan sebagainya. Seperti layaknya sebuah Akademi, 48 family juga mengenal istilah graduate (lulus).

Lulusnya seorang anggota idol group dari 48 family ditentukan oleh Akimoto sendiri, apakah sudah layak diluluskan atau tidak, atau bisa saja dari keputusan si anggota tersebut, misalnya ingin fokus ke pendidikan atau ingin melanjutkan sebagai penyanyi solo.

Graduate juga bisa diterapkan kepada seorang anggota yang melanggar

Graduate/lulusnya seorang anggota idol group 48 family juga disambut dengan Upacara Kelulusan yang diikuti seluruh anggota idol group tersebut, dan anggota yang lulus juga mendapat sertifikat kelulusan dari Akademi 48 family, yang menandakan ia telah siap untuk menapaki karir sendiri tanpa embel-embel 48 family.

Pembentukan JKT48 pertama kali diumumkan pada 11 September 2011 di sebuah acara AKB48 yang diadakan di Makuhari Messe di Chiba. Wawancara untuk peserta berlangsung pada akhir bulan September, dengan audisi final untuk finalis pada 8 Oktober 2011 – 9 Oktober 2011.
Dari 1.200 orang pelamar yang diwawancara, 51 pelamar lolos seleksi tahap kedua. Audisi tahap akhir berlangsung pada 2 November2011. Setelah disaring kembali melalui tes menari “Heavy Rotation” dan menyanyikan lagu favorit, 28 orang peserta dinyatakan diterima. Produser Yasushi Akimoto datang ke Jakarta untuk melakukan seleksi. Ketika ditanya mengenai standar seleksi, Akimoto berkata: “Mengenai pemilihan anggota, ciri-ciri khas lokal tidak dijadikan bahan pertimbangan. Kami berpendapat bahwa pesona dari anak perempuan yang dapat kami dirasakan, di negara mana pun memiliki kesamaan. (Kami) memilih dengan lebih mementingkan kepribadian, sambil juga mempertimbangkan, kalau saja ada teman sekelas seperti anak ini, alangkah bagusnya.”

Generasi pertama diperkenalkan pada 3 November 2011. Di antara 28 anggota, ada salah satu anggota yang berasal dari Jepang yang bernama Rena Nozawa yang tinggal di Jakarta. Produser Yasushi Akimoto mengatakan JKT48 akan menjadi jembatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. hid

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *