Tuesday , 30 November 2021
Breaking News
Home » Headline » Sulut Tuan Rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah V
pekan olahraga pelajar wilayah popwil v

Sulut Tuan Rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah V

Manado, kawanuaplus.com – Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) V resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Djouhari Kansil,MPd., pada Senin (3/11/2014). Popwil wilayah V meliputi wilayah Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan Popwil V ini merupakan momentum menunjukan totalitas gerak pacu bagi kemajuan bangsa. Pemerintah Sulut memberikan apresiasi karena memilih Sulut menjadi tuan rumah Popwil V. Selama penyelenggaraan Popwil para peserta agar bisa menerima Keramahan warga Sulut guna menambah semangat dalam mengikuti kegiatan.

Mantan Kadis Diknas ini menambahkan melalui Olahraga bisa menghasilkan manusia unggul sehat disiplin dan pantang menyerah, manusia seperti ini dibutuhkan bangsa untuk tampil terdepan. Olahraga merupakan sarana pemersatu bangsa, melalui olahraga menjadi sarana pendukung kebersamaan.

“Melahirkan atlit terbaik tidaklah mudah, harus memiliki jiwa juara. Pembinaan olahraga harus terus-menerus demi menghasilkan atlit yang berprestasi. Untuk itu Popwil merupakan sarana bagi kita mendapatkan generasi muda terbaik bangsa,” ujarnya.

Wagub berharap para siswa peserta Popwil V dapat tampil dengan baik, sehingga bisa berprestasi di kancah internasional. “Prestasi merupakan modal membangun bangsa, pupuk kebersamaan dalam kegiatan ini untuk mencari sahabat. Berbaur dan miliki teman sebanyak mungkin, karena kegiatan ini mempersatukan generasi muda bangsa. Walau berbeda suku namun kita bangga sebagai anak bangsa, putra putri indonesia,” pesan Wagub.

Kepada wasit dan juri, Wagub mengingatkan untuk tetap bertindak objektif dalam menilai anak anak yang bertanding, tunjukan sportivitas dalam semua cabang olahraga yang diperlombakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs MM Onibala dalam laporannya menjelaskan bahwa Popwil V ini diikuti oleh 1.024 atlit dari 7 Provinsi yang mengikuti kegiatan.
Adapun olahraga yang dipertandingkan adalah pencak silat, bulu tangkis, tenis meja, bola kasket, sepak bola, sepak takraw, bola volly dan tenis lapangan.

Onibala mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini guna sebagai sarana evaluasi terhadap pembinaan olahraga pelajar di daerah, menuju Popnas XIII tahun 2015, sebagai babak kualifikasi 8 cabang olahraga utuk Popnas, serta sebagai media untuk memupuk, memelihara, dan menggalang persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar yang ada di lima wilayah. ji

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *