Tuesday , 7 December 2021
Breaking News
Home » Pariwisata » Desa Wisata Pesisir, Sisi Lain Tampilan Pariwisata Kota Manado
Desa Wisata Pesisir, Sisi Lain Tampilan Pariwisata Kota Manado

Desa Wisata Pesisir, Sisi Lain Tampilan Pariwisata Kota Manado

Selain memiliki potensi taman laut yang fenomenal, Kota Manado juga memiliki suasana wisata pesisir dalam bentuk desa wisata. Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Kota Manado sebagai Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki 4 (empat) Desa Wisata, yakni Malalayang Dua, Alungbanua, Manado Tua Dua, dan Bunaken yang secara tehnis di bimbing oleh tim tehnis dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Manado serta dibina dan diarahkan oleh Walikota Manado – G. S. Vicky Lumentut.

Berdasarkan hasil seleksi dan penilaian dari dewan juri tingkat nasional, Desa Wisata Malalayang Dua Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara yang mengandalkan wisata kuliner, wisata alam dan lingkungan, wisata sejarah dan kepurbakalaan, dan wisata budaya berhasil masuk dalam 15 besar desa wisata terpilih dari seluruh Indonesia yang mendapatkan skore tertinggi.

Seleksi dan penilaian tersebut, yakni berupa desa-desa penerima PNPM Mandiri Pariwisata tahun 2009-2012 yang dianggap berhasil dalam mengelola dan memanfaatkan dana bantuan PNPM Mandiri Pariwisata.  Desa wisata merupakan contoh pengembangan pariwisata yang mengedepankan partisipasi aktif masyarakat.

Sumber:www.beritakawanua.com

Check Also

ikatan waraney wulan minahasa iwwm

Waraney Wulan Minahasa Raih Juara Festival Kawanua 2014

Surabaya, kawanuaplus.com – Akhirnya, Ikatan Waraney Wulan Minahasa (IWWM) menjadi jawara pada Festival Kawanua 2014. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *