Tuesday , 7 December 2021
Breaking News
Home » Headline » Minahasa Tenggara Kembangkan Energi Bio Etanol
seho energi

Minahasa Tenggara Kembangkan Energi Bio Etanol

Manado, kawanuaplus.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara memamerkan kompor berbahan bakar bio etanol, hasil karya kreatif dua orang warganya. Kedua orang tersebut adalah warga etnis Tongsawang asal Desa Tombatu Dua Kecamatan Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Bahan baku bio etanol kompor tersebut merupakan hasil dari penyulingan air nira dari pohon Enau atau pohon Seho. Karena itu bio etanol tersebut diberi nama SEHO ENERGI.

“Saat ini kelompok tani di Desa Tombatu Dua, Kecamatan Tombatu Utara dapat menghasilkan 500 Liter Ethanol per hari untuk memenuhi permintaan 200 keluarga yang memanfaatkan SEHO ENERGI. Krisis bahan bakar yang dialami negara Indonesia saat ini menjadi tantangan bagi seluruh warga Indonesia untuk mencari sumber bahan bakar alternatif terutama sumber energi terbarukan,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Tenggara Drs. Bernard Mokosandib, M.E.

SEHO ENERGI, sambung Mokosandib, memiliki keunggulan dibanding Bahan Bakar yang lain seperti Minyak Bumi atau Gas. Selain ramah lingkungan maka yang terpenting adalah sebagai sumber Energi Terbarukan dan anti meledak.

“Untuk meningkatkan hasil produksi petani maka pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa di tahun 2015 telah menganggarkan bantuan kepada kelompok pengolah SEHO ENERGI,” ujar Mokosandib.

Disamping pengembangan bahan bakar alternatif, Pemkab Minahasa Tenggara juga membantu pengembangan kompornya dengan bekerja sama dengan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Minahasa Tenggara.

“Dengan dibantu SMK, diharapkan kompor yang dihasilkan menjadi lebih sempurna dan bisa diproduksi massal. Bahan baku kompornya akan menggunakan stainless steel,” jelas Mokosandib disela-sela Pameran Kabupaten Minahasa Tenggara.

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *