Tuesday , 7 December 2021
Breaking News
Home » Headline » Pemkot Manado-BI Sulut Berupaya Kendalikan Inflasi
tpid sulut

Pemkot Manado-BI Sulut Berupaya Kendalikan Inflasi

Manado, kawanuaplus.com – Bank Indonesia (BI) mendorong adanya sinergi antara daerah-daerah sehingga ada koordinasi untuk penanaman, jangan bersamaan supaya tidak membuat harga-harga di kawasan Sulawesi Utara (Sulut) turun.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut, Dudung Setyadi menjelaskan pemerintah juga harus bisa memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa stok barang tersedia, sehingga tidak akan ada pembelian dalam jumlah besar yang bisa membuat inflasi naik tinggi.

Dia mencontohkan, berdasarkan hasil survey di lapangan, harga cabe pada 1 Januari 2015, mencapai angka Rp110 per kilogram, dan sungguh mengejutkan.

“Saya bingung, sebab cabe dari Gorontalo tidak masuk dan yang ada dari Jawa, bagaimana bisa terjadi, apakah produksi Gorontalo tidak cukup atau mengapa sehingga harus terjadi. Maka ini harus ada sinergi antar stakeholder di Sulut,” ujarnya.

Berlokasi di ruang Toar Lumimuut (Tolu) kantor Wali Kota Manado, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Manado, bersama Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) membahas pengendalian inflasi di daerah tersebut.

“Kita harus menyamakan persepsi untuk mengendalikan inflasi di Manado, apa penyebabnya, dan bagaimana masalah tersebut dapat diatasi oleh kita semua,” kata Wakil Walikota (Wawali) Manado, Harley Mangindaan saat membuka rapat tersebut.

Hal itu perlu dilakukan kata Wawali Mangindaan, mengingat inflasi itu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara termasuk Manado, sehingga harus dicarikan solusi untuk mengendalikannya.

BI Sulut mencatat inflasi di Manado untuk Desember tinggi, karena mencapai 3,83 persen.

“BI juga memiliki catatan, berdasarkan pengalaman selama ini, Natal dan Tahun baru selalu memicu kenaikan harga, karena permintaan tinggi,” kata Dudung.

Selain membahas inflasi, pemerintah juga minta agar, harga kondisi BBM termasuk LPG terpantau agar suasana tetap baik dan tidak bermasalah atau menimbulkan inflasi. ji

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *