Tuesday , 7 December 2021
Breaking News
Home » Headline » Pencetus “Torang Samua Basudara” Jadi Wakil Ketua MPR RI
ee-mangindaan-300

Pencetus “Torang Samua Basudara” Jadi Wakil Ketua MPR RI

Jakarta, kawanuaplus.com – Satu lagi putra Kawanua yang dipercaya untuk memimpin lembaga tertinggi negara. Ernest Evert (EE) Mangindaan, dialah putra Kawanua tersebut. EE Mangindaan terpilih menjadi Ketua MPR periode 2014-2015 lewat Sidang Paripurna yang berlangsung hingga Rabu (07/10/2014) subuh.

Dia diajukan lewat paket yang didukung oleh fraksi partai Koalisi Merah Putih -yang merupakan oposisi atas presiden terpilih, Jokowi- dan dipilih mayoritas anggota MPR yang hadir.

Paket ini terdiri dari Zulkifli Hasan (PAN) sebagai calon ketua MPR, didampingi empat calon wakil ketua MPR, yaitu Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (DPD).

Paket Koalisi Merah Putih lewat pemungutan suara memperoleh 347 suara sementara paket koalisi partai pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla, mendapatkan 330 suara.

EE Mangindaan adalah tokoh Sulawesi Utara (Sulut) yang menggali kearifan lokal ini dan mempopulerkan kalimat pemersatu “Torang Samua Basudara” pada sebuah acara di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Saat itu, dia melontarkannya untuk merespon situasi yang rawan meletuskan konflik horisontal di masyarakat menyusul banyaknya pengungsi asal Poso di daerah Sulut. Terbukti, Sulut pada era kepemimpinan EE Mangindaan yang menyerukan semboyan “Torang Samua Basudara” diakui sebagai salah satu daerah paling aman di seluruh Indonesia.

Dalam perjalanan berikutnya, filosofi “Torang Samua Basudara” makin meresap ke sanubari segenap warga Minahasa. Setiap bilik kehidupan terus mengingatkan warga Minahasa untuk mempererat persaudaraan. Hidup Lape sendiri tak lain adalah perwujudan dari filosofi “Torang Samua Basudara”.

Bagaimana pria yang akrab disapa Lape ini akan mewujudkan semboyan “Torang Samua Basudara” bersama wakil rakyat Indonesia lainnya? Mari kita tunggu saksikan bersama. pan

Check Also

k link surabaya

Jangan Ragu Pada Makanan Berlemak

Surabaya, kawanuaplus.com – Jangan ragu makan makanan yang berlemak tinggi atau mengandung kolesterol berlimpah. Nikmati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *